KONSEP HUKUM PIDANA ISLAM: TEKNIK PELAKSANAAN HUKUMAN QISHOSH

Dikalangan para fuqoha tidak ada kesepakatan mengenai cara atau teknis pelaksanaan hukuman qishosh. Menurut pendapat Hanafiyah dan pendapat yang shohih dari kelompok Hanabilah, qishosh pada jiwa harus dilaksanakan dengan menggunakan pedang, baik tindak pidana pembunuhannya dilakukan dengan pedang maupun alat yang lainnya, dan bagaimanapun cara atau bentuk pembunuhannya. Mereka beralasan dengan hadis Nabi Muhammad s.a.w yang diriwayatkan oleh ibnu Majah, Al Bazzar, Baihaqi, dan Daruquthni dari Nu’man ibn Basyir, bahwa Rosululloh s.a.w bersabda:
“tidak ada qishosh kecuali dengan pedang.”

Menurut Malikiyah dan Syafi’iyah, orang yang melakukan pembunuhan harus di- qishosh dengan alat yang sama denganyang digunakan untuk membunuh korban dan cara yang digunakannya. Apabila ia membunuh dengan pedang, maka ia di- qishosh dengan pedang. Apabila ia membunuh dengan cara membakar korban, maka ia di- qishosh dengan cara dibakar. Namun demikian apabila wali korban mengubah pikirannya dengan meng- qishosh menggunakan pedang, hal itu dibolehkan. Pendapat ini didasarkan pada hadis Nabi dan firman Alloh:

►hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Anas ibnu Malik:
Dari Anas ibnu Malik r.a, bahwa seorang jariyah ditemukan kepalanya digencet diantara dua buah batu. Mereka (para sahabat) bertanya kepada wanita itu; “siapa yang melakukan ini terhadapmu?” si anu, si anu sampai mereka menyebut nama orang yahudi, kemudian ia menganggukkan kepalanya. Yahudi itu tertangkap, lalu ia mengakui perbuatannya. Kemudian Rosululloh memerintahkan untuk menggencet kepala orang Yahudi itu diantara dua buah batu.
►Surat An Nahl Ayat 126
Jika kamu memberikan balasan, balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu.
(Terjemahan Qur’an Surat An Nahl Ayat 126)



SUMBER

Muslich, Ahmad Wardi. 2005. Hukum Pidana Islam. Jakarta. Sinar Grafika.

About ngobrolislami

hamba ALLAH
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s