TINDAK PIDANA ATAS SELAIN JIWA: PENGERTIAN TINDAK PIDANA ATAS SELAIN JIWA

Yang dimaksud dengan tindak pidana atas selain jiwa, seperti yang dikemukakan oleh abdul qadir audah adalah setiap perbuatan yang menyakiti orang lain yang mengenai badannya, tetapi tidak sampai menghilangkan nyawanya. Pengertian ini sejalan dengan definisi yang dikemukakan oleh wahbah zuhaili bahwa tindak pidana atas selain jiwa adalah setiap tindakan melawan hukum atas badan manusia, baik berupa pemotongan anggota badan, pemukulan sedangkan jiwa dan hidupnya masih tidak terganggu.

Istilah tindak pidana atas selain jiwa (jinayatun ‘ala maaduunan nafs) digunakan secara jelas oleh hanafiyah. Istilah ini lebih luas daripada apa yang dikemukakan oleh undang-undang hukum pidana mesir yang menyebutnya dengan istilah pelukaan (al jarh) dan pemukulan (adh dharb).

Inti dari unsur tindak pidana atas selain jiwa, seperti yang dikemukakan dalam definisi di atas adalah perbuatan menyakiti. Dengan demikian yang termasuk dalam perbuatan menyakiti , setiap perbuatan yang bersifat menyakiti atau merusak anggota badan manusia, seperti pelukaan, pemukulan, pencekikan, pemotongan dan penempelengan. Oleh karena sasaran tindak pidana ini adalah badan atau jasmani manusia maka perbuatan yang menyakiti perasaan orang tidak termasuk dalam definisi di atas, karena perasaan bukan jasmani dan sifatnya abstrak, tidak kongkret. Perbuatan yang menyakiti perasaan dapat dimasukan ke dalam tindak pidana penghinaan atau tindak pidana lain yang tergolong ke dalam jarimah ta’zir.

About ngobrolislami

hamba ALLAH
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s